ULASAN 1 : ULASAN KATEGORI WEEK03 OS171 (BIOS and UEFI As Fast As Possible)

Video yang menjadi Ulasan 1 saya adalah "BIOS and UEFI As Fast As Possible" yang bisa didapatkan melalui URL konten Youtube: https://youtu.be/zIYkol851dU . Video ini di upload oleh Techquickie pada tanggal 25 December 2015. Video berdurasi 5 menit 39 detik dan sudah memiliki views sebanyak 805,568 pada penulisan ulasan ini.

Video ini membahas tentang BIOS dan UEFI, lebih tepatnya betapa penting kedua hal tersebut dalam system komputer. Dimana salah satu hal paling penting di komputer tidak harus dalam berupa hardware ataupun software, tetapi dalam bentuk fusi/gabungan dari software dan hardware yaitu BIOS. Jadi intinya BIOS adalah sepotong kode yg berada di read-only atau flash memory chip di motherboard koputer. Sering disebut juga sebagai "Firmware-nya motherboard" karena ia menghubungkan software ke hardware. Karena hanya sepotong kode kecil, ia tidak mungkin kuat untuk melakukan hal-hal berat. Namun apa yang dilakukan BIOS sangatlah penting. Ia yang memulai ketika kita menghidupkan komputer. BIOS akan hidup pertama dan membangunkan seluruh bagian komputer yang lain. BIOS juga yang melakukan inisialisasi devices kita sesuai RAM, graphic card, dll. Lalu UEFI terlahir ketika kita sekarang sudah banyak harddrive dengan data yang sangat besar, sudah jelas kita membutuhkan hal baru. UEFI bisa menangani storage devices yang berkapasitas sangat besar hingga mencapai jutaan petabytes, proses boot up UEFI lebih cepat dari BIOS, dan memiliki graphical interface yang sangat jauh lebih baik dengan animasi dan support mouse.

Menurut saya video ini sangat bermanfaat dan dibuat dengan sangat baik, dimana semua konten tertata dengan rapih, editing dengan contoh gambar sangat membantu, dan isi dan tujuan video tersampai dengan jelas. Setelah mentonton video ini saya merasa lebih mengerti mengenai BIOS dan UEFI.


Github Account: farizkiyazid
URL ulasan di blog: http://farizkiyazid.blogspot.com/2017/05/ulasan-1-ulasan-kategori-week03-os171.html
URL konten youtube: https://youtu.be/zIYkol851dU
Pemetaan konten pada materi:  week03
Tanggal Submisi Revisi Pertama: 21 Mei 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 21 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULASAN 2 : ULASAN KATEGORI WEEK04 OS171 (Interrupts and I/O)

RANKING 05

RANKING 07